Pengurusan Visa & Legalisasi Dokumen oleh Taiwan Indonesia Education Services (TIES) di Kedutaan Taiwan (Taipei Economic and Trade Office – TETO)

taiwan indoneisa OK

Taiwan Indonesia Education Services (TIES) adalah sebuah lembaga profit yang didirikan oleh Dr. Mula Sigiro, M.Si., Ph.D untuk menyokong perjalanan Gerakan Mewujudkan 15.000 Doktor (S3) Tahun 2040 di Sumatera Utara, sehingga apabila Anda melakukan pengurusan visa dan dokumen melalui TIES maka Anda sudah turut serta mendukung dan membantu secara financial Gerakan Mewujudkan 15.000 Doktor (S3) Tahun 2040 di Sumatera Utara, Anda telah turut serta membangun peradaban pendidikan Sumatera Utara. Berbekal pengalamannya selama studi doktoral (S3) di National Taiwan University of Science and Tecgnology (NTUST) sejak tahun 2012 telah membimbing dan membina para pelajar Sumatera Utara melamar beasiswa ke Taiwan dan dengan melihat kondisi Indonesia yang sangat mendesak untuk dibenahi maka Dr. Mula Sigiro, M.Si., Ph.D pada 17 Agustus 2013 mendeklarasikan berdirinya Gerakan Mewujudkan 15.000 Doktor (S3) Tahun 2040 di NTUST, Taipei. Dalam usia yang masih sangat muda, gerakan ini telah berhasil membimbing lebih dari 450 putra-putri Sumatera Utara meraih beasiswa S1, S2, dan S3 ke Taiwan, bahkan telah banyak yang sudah menyelesaikan studinya dan telah berkiprah di berbagai perusahaan dan universitas yang ada di Sumatera Utara khususnya dan Indonesia umumnya antara lain Institut Teknologi Del, Universitas HKBP Nommensen, Universitas Pelita Harapan Medan, Universitas Sari Mutiara, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan, Universitas Prima Indonesia, Universitas Musamus Merauke, Universitas Bina Nusantara, Universitas Tanjung Pura, Institut Teknologi Sepuluh Nopember,dan lain sebagainya.

 

CATATAN: bagi peserta yang sudah dinyatakan lulus beasiswa namun terkendala dalam hal biaya keberangkatan awal maka Mula Sigiro bersedia menjamin penyediaan pinjaman dana maksimal sebesar 30 juta melalui Bank Mandiri dan dapat dilunasi peserta paling lama 2 tahun setelah yang bersangkutan lulus S1 atau S2 atau S3 dari Taiwan, program pinjaman dana ini sudah berlangsung sejak tahun 2012 yang bertujuan agar peserta yang berasal dari kalangan kurang mampu tetap dapat lanjut studi ke Taiwan.

Adapun prosedur dan dokumen yang harus diserahkan ke TIES adalah sebagai Berikut:

  1. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai Versi Bahasa Inggris Yang Sudah Dilegalisir oleh Pihak Kampus/Sekolah, dibawa ke Notaris LINCE HUTAHAYAN di Jln.Cik Ditiro – Depan SMA 1 Medan untuk di Cap NOTARIS. Harap Anda menginformasikan ke pihak Notaris tersebut bahwa Anda adalah klien TIES (Mula Sigiro) agar diberi harga termurah. Bila dokumen Anda sudah dalam versi Indonesia – English (Bilingual) maka tidak perlu diterjemahkan lagi. Bagi peserta yang sibuk atau tidak punya cukup waktu mengurus ke Notaris juga bisa menggunakan jasa TIES untuk Cap NOTARIS ini (diurus langsung oleh TIES ke Notaris) dengan dikenakan biaya Cap Notaris dan jasa per dokumen Rp. 100.000. Perlu diketahui bahwa NOTARIS TIES yang tercatat di Kementrian Hukum dan HAM adalah Notaris LINCE HUTAHAYAN maka sangat disarankan untuk menggunakan jasa notaris tersebut bila melakukan pengurusan dokemen melalui TIES. Klik Disini CONTOH IJAZAH TRANSKRIP DAN MEDICAL CEK UP YANG DICAP NOTARIS
  2. Sertifikat TOEFL/IELST/TOEIC/Cambridge English/TOPIK/TOECFL Asli (Boleh Menggunakan TOEFL Prediction)
  3. Ijasah dan Transkrip Asli Versi Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia
  4. Pasport Asli dengan masa berlaku minimal 12 bulan berikutnya
  5. Potokopi Kartu Keluarga, dan Poto kopi KTP
  6. Letter of Admission/Acceptance/Scholarship (LoA) Asli, untuk sementara bisa menggunakan LoA yang dikirim via email, klik contohnya disini (Contoh LoA 1, Contoh LoA 2)
  7. Pas Poto ukuran  4×6 yang jelas (berwarna dengan background putih)  3 lembar. Hasil dari foto studio, bukan hasil editan, dan jelaskan kepada fotografer/studionya bahwa foto tersebut akan digunakan untuk Visa, klik disini contohnya
  8. Formulir hasil Cek Kesehatan yang sudah di Cap NOTARIS seperti penjelasan point No.1 di atas. Download disini formulirnya: Form 1 dan Form 2 lalu bawa print out dan soft copy formulir tersebut bersama POTOKOPI PASPORT (Bisa menggunakan bukti pengurusan pasport bila masih sedang proses pengurusan pasport) ke Klinik Anugrah Ibu, di Belakang Medan Plaza. Pastikan nama dan data di seluruh formulir kesehatan sama dengan data di pasport, nama jangan disingkat, bila nama terlalu panjang maka bisa diperkecil fontnya di formulir kesehatan. TETO akan menolak proses legalisasi bila terdapat perbedaan dengan data di pasport. Terhitung Mei 2017 vaksin MMR sudah tersedia di Klinik Anugrah Ibu. Bila vaksin MMR terlalu mahal atau kesulitan mencari vaksin MMR maka silahkan langsung menghubungi TIES. Bagi yang di luar Kota Medan maka silahkan melakukan Cek Kesehatan di RS terdekat.
  9. Hasil Print Out formulir VISA.  klik disini untuk daftar online (Pilih General Visa Applications, dan untuk panduan cara pengisian online  klik disini (File PDF). Melampirkan hasil pendaftaran visa online dalam PDF yang sudah diprint, ditempel photo 4×6 berwarna dengan latar putih (halaman depan) dan ditandatangani halaman terakhir dibagian signature applicant. PASTIKAN NAMA/DATA DI FORMULIR PERSIS SEPERTI NAMA/DATA DI PASPORT. TETO akan menolak permohonan aplikasi visa bila terdapat perbedaan dengan data di pasport.
  10. Fotokopi Buku Tabungan beserta transaksinya 2 bulan terakhir (Rekening Koran).
  11. Seluruh point di atas dapat dicicil penyerahannya ke TIES sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya ada kampus tertentu yang lebih dahulu meminta ijazah dan transkrip yang sudah di Leges TETO discan dan dikirim via email.
  12. Seluruh point di atas terangkum dalam formulir berikut “Klik Disini Formulir TIES”. Dibuat dalam Map Kuning (Dokumen Asli) dan Map Biru (Dokumen Potokopi) lalu diserahkan ke Kantor Taiwan Indonesia Education Services (TIES) di Komplek Prime No.A22-23 Simpang Selayang (Dekat SPBU), Kode Pos 20155, atau langsung kepada Dr. Mula Sigiro, M.Si, Ph.D di Kantor OIA UHN, Ruangan Wakil Rektor IV Universitas HKBP Nommensen, Jln. Sutomo No.4A Medan, Kode Pos 20234  HP: 081397360600. Bagi yang berada di luar Kota Medan silahkan Mengirim seluruh dokumen di atas melalui TIKI ke Dr. Mula Sigiro, M.Si, Ph.D di Kantor OIA UHN, Ruangan Wakil Rektor IV Universitas HKBP Nommensen, Jln. Sutomo No.4A Medan, Kode Pos 20234  HP: 081397360600.
  13. Selain pengurusan Visa dan Leges  Dokumen TETO, TIES juga menyediakan tiket pesawat Medan Taipei, dan Jakarta Taipei kelas ekonomi (sekali jalan) dengan harga Rp.3.250.000 (sudah termasuk bagasi 30 Kg). Bila berminat maka diharapkan agar melakukan pemesanan paling lambat ke TIES 2 minggu sebelum berangkat.

Biaya dan Waktu Penyelesaian Visa dan Leges TETO (upadate 29 April 2017)

  1. BIAYA Pengurusan LEGES DOKUMEN TETO dan VISA adalah: Rp. 4.000.000 (Express Selesai 15 Hari Kerja TETO terhitung mulai dari 2 hari setelah berkas diterima oleh TIES/OIA UHN), atau Rp. 3.600.000 (Reguler Selesai 20 Hari Kerja TETO terhitung mulai dari 2 hari setelah berkas diterima oleh TIES/OIA UHN), dengan catatan dokumen yang dileges TETO adalah: 1 Ijazah Versi English, 1 Transkrip Versi English, dan 1 HASIL Medical Check-UP (Jumlah lembaran tidak masalah, bisa saja Transkrip 2 lembar, dan seterusnya), sehingga TOTAL yang dileges TETO adalah 3 LEMBAR. (diluar biaya Notaris, baca point No.1 prosedur paling atas)

  2. Harga pada No.1 diatas tidak berlaku bagi kampus/sekolah negeri yang ijazah dan transkrip TIDAK diterjemahkan oleh pihak kampus yang bersangkutan (diterjemahkan oleh pihak luar atau penerjemah tersumpah). Apabila pihak kampus tidak menyediakan Ijazah dan Transkrip Nilai VERSI English maka wajib menggunakan Terjemahan Tersumpah, klik disini untuk link terjemahan tersumpah, untuk kondisi ini potokopi ijazah dan transkrip versi Indonesia yang sudah dilegalisir kampus wajib ikut di NOTARISKAN (Lihat Prosedur No.1 paling atas) dan wajib dileges TETO. Biaya total untuk point No. 2 ini adalah: Rp. 6.000.000 (Express Selesai 15 Hari Kerja TETO terhitung mulai dari 2 hari setelah berkas diterima oleh TIES/OIA UHN), atau Rp. 5.600.000 (Reguler Selesai 20 Hari Kerja TETO terhitung mulai dari 2 hari setelah berkas diterima oleh TIES/OIA UHN), (diluar biaya Notaris, baca point No.1 prosedur paling atas)

  3. Khusus untuk universitas/sekolah berstatus swasta berlaku point No.2 di atas karena ijazah dan transkrip wajib diterjemahkan secara tersumpah (kecuali sudah dalam Dwi Bahasa-Bilingual maka berlaku harga pada point Biaya No.1 diatas), sehingga potokopi ijasah dan transkrip versi Indonesia yang sudah dilegalisir kampus wajib di NOTARISKAN (Lihat Prosedur No.1 paling atas) dan wajib dileges TETO. Pihak Kementrian Hukum dan HAM tidak menerima legalisasi ijazah atau transkrip yang diterjemahkan oleh pihak kampus swasta, kecuali penerjemah tersumpah.

  4. Beberapa kampus tertentu membutuhkan Financial Statement yang dilegalisir oleh TETO, bagi yang membutuhkan dikenakan biaya leges Rp.1.000.000 (diluar biaya Notaris).

  5. Biaya di atas sudah termasuk biaya pengurusan visa, legalisasi Kementrian Hukum dan HAM, legalisasi Kementrian Luar Negeri, Legalisasi TETO, dan penjemputan oleh perwakilan TIES/PPSU di Bandara Taoyuan Taipei.

  6. Bila peserta hanya membutuhkan leges TETO tanpa pengurusan Visa maka dikenakan biaya Rp. 1.000.000/dokumen.

  7. Khusus Visa Visitor Wisata/Kunjungan Singkat biayanya adalah: Rp. 1.850.000, dan Visa Visitor Exchange Student adalah: Rp. 2.850.000. Adapun berkas yang perlu dilampirkan untuk visa visitor adalah: Fotokopi KK dan KTP, Pasport Asli, Fotokopi Buku Tabungan Beserta Transaksinya (Rekening Koran 2 Bulan Terakhir), hasil formulir visa online. Khusus Exchange Student wajib melampirkan transkrip nilai sementera. Khusus Peserta Student Exchange dari Universitas Sumatera Utara (USU) agar seluruh berkas diantar langsung ke Kantor TIES.

  8. Pembayaran dilakukan 50% di tahap pertama pada saat pemberian berkas, dan wajib ditransfer melalui Bank atau ATM ke No. Rekening: 106-000-876-876-7 Bank MANDIRI an. Taiwan Indonesia Education Services (TIES).

  9. Bila LEGES DOKUMEN TETO dan VISA tidak selesai  sesuai dengan waktu yang telah ditentukan di atas maka biaya yang dibayar hanya 75 % (telat 7-10 hari kerja), dan hanya 50% bila telat lebih dari 12 hari kerja kerja.

  10. Bagi yang belum memiliki ijasah dan transkrip dapat menggunakan SKTL atau Transkrip sementara dengan syarat yang bersangkutan sudah akan menerima ijasah paling lama 1 bulan setelah kuliah di Taiwan.
  11. Asuransi kesehatan cukup diurus di kampus Taiwan.
  12. Anda HARUS sesering mungkin mengirim email ke kampus yang Anda tuju untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat, segala keraguan dan hal-hal yang kurang Anda pahami harus Anda tanyakan langsung ke kampus yang bersangkutan melalui email, misal: Tanggal berapa Dormitory mulai buka? Tanggal berapa sebaiknya tiba di kampus? Berapa biaya asuransi dan dormitory? Memperbaiki Alamat yang salah jika sebelumnya tidak punya kode pos? dll.
  13. BERKAS BISA DICICIL untuk mempercepat proses legalisir TETO dan Pembuatan VISA bila waktu Anda mepet, misal: saat pengumuman Beasiswa Keluar Anda sembari persiapan Cek Kesehatan lalu kirimkan Ijasah dan Transkrip ke TIES/OIA UHN untuk langsung di leges ke Kementrian Hukum dan HAM, dan Kementrian Luar Negeri, sembari menunggu proses di kedua kementrian ini maka Cek Kesehatan Anda sudah selesai sehingga sertifikat Kesehatan bisa langsung bersamaan dengan Ijazah dan Transkrip dileges bersamaan ke TETO. Namun tetap akan lebih baik bila Anda menyerahkan semua berkas dengan komplit seperti yang tertulis di FORMULIR TIES dengan catatan anda masih punya CUKUP WAKTU (tidak mendesak)
  14. Visa dan dokumen yang telah selesai bisa diambil di Kantor OIA UHN atau di Kantor TIES (akan diinfokan kepada yang bersangkutan). Bagi peserta yang akan dikirim via TIKI dikenakan biaya Jasa Pengiriman sebesar Rp. 100.000 (Daerah Sumatera) dan Rp. 200.000 untuk daerah Luar Sumatera.

TIES memberikan jaminan ganti rugi sebesar jumlah dibawah kepada para kliennya bila item-item dibawah hilang atau tercecer oleh karena kelalaian TIES. Dengan demikian seluruh klien TIES akan tetap merasa nyaman.

  1. Ijazah Asli, TIES akan memberikan Rp. 10.000.000 (sepuluh juta) kepada klien bila ijazah yang bersangkutan hilang oleh TIES
  2. Transkrip Nilai Asli, TIES akan memberikan Rp. 5.000.000 (lima juta) kepada klien bila ijazah yang bersangkutan hilang oleh TIES
  3. Passport, TIES akan memberikan Rp. 2.000.000 (dua juta) kepada klien bila pasport yang bersangkutan hilang oleh TIES
  4. Medical Check Up Asli, TOEFL Asli, Ijazah dan Transkrip Nilai legalisir, bila salah satu diantara item tersebut hilang oleh TIES akan diberikan Rp.1.000.000 (satu juta)

PENTING …!!! BILA Anda hanya memperoleh Beasiswa 100 % Tuition Fee (Gratis Uang Kuliah Saja) maka disarankan agar Anda tetap berangkat karena setelah berada tiga bulan di Taiwan Anda bisa bekerja Part Time (memperoleh working permite). Taiwan adalah Negara yang mengijinkan Mahasiswa Asing Bekerja. Perkuliahan di Taiwan umumnya hanya 2-3 hari saja, sisanya bisa Anda gunakan bekerja. Untuk mencari pekerjaan juga TIDAK TERLALU SULIT karena semua para pelajar Sumut yang berada di Taiwan akan saling membantu dan berbagi info tentang lowongan pekerjaan, namun juga tidak terlalu mudah untuk mendapatkan pekerjaan bila anda hanya duduk diam dan tidak komunikatif, yang pasti bila Anda BERANI TAHAN BANTING dan BEKERJA KERAS maka walaupun Anda memperoleh Beasiswa Tipe B/C berangkatlah. KARAKTER BAIK dan MASA DEPAN YANG BAIK hanya terwujud BILA ANDA BERANI MENGHADAPI TANTANGAN.

Biaya Hidup di Taiwan umumnya Rp. 2,500.000/bulan dan sudah terkategori cukup mewah. Bila Anda bekerja sampingan misalnya Sabtu dan Minggu saja selama 20 jam maka Gaji Anda adalah 150 NTD x 20 = 3.000 NTD, dan dalam satu bulan Anda memperoleh: 12.000 NTD (Rp. 5.000.000). Seandainya pun Anda harus bayar Dormitory yang besarnya sekitar Rp. 7.000.000/semester maka dengan bekerja selama 20 jam perminggu saja itu sudah bisa ditanggulangi. Bila Anda kerja 40 jam perminggu maka silahkan hitung sendiri gaji Anda … ? INGAT: Beasiswa dievaluasi setiap semester, bila IP Anda dibawah 80 (skala 100) maka kemungkinan besar beasiswa akan turun, NAMUN hal ini umumnya jarang terjadi (walaupun beberapa orang ada yang mengalaminya) karena biasanya akan tetap direkomendasikan professor untuk dapat beasiswa. Tapi kan Anda bisa bekerja sampingan ? Studi lanjut adalah pilihan investasi jangka panjang paling baik. JANGAN TAKUT MELANGKAH …!!!

TESTIMONI BEBERAPA ALUMNI

Lamtiur TIES“Pengurusan visa dan leges dokumen via bang Mula dijamin terpercaya dan oke, karena sebelum ngurus ke bang Mula aku sebelumnya ngelihat dulu gimana bang Mula jadi fasilitator beasiswa ke Taiwan dan tanya-tanya ke teman yang lain gimana diurusin visa. Malah waktu ribet dan susah nyari vaksin untuk tes kesehatan, beruntung ketemu bang Mula yang punya link ke dokter untuk ngurusin masalah vaksin, jadinya lancar deh” (Lamtiur J. Bancin, Alumni FKM USU, Fall 2016 Taipei Medical University (TMU), Klik Foto Untuk Terhubung Langsung Dengan Lamtiur di Facebook )

Deser TIES“Pengurusan Leges TETO dan Visa oleh Bang Mula dari TIES sangat memuaskan, sangat tepat waktu sesuai yang dijanjikan. Pengurusan visa ada yang express dan ada yang biasa (reguler), waktu itu saya hanya pilih yang reguler sebab tidak terlalu diburu waktu, dan visa selesai tepat waktu sesuai janji bang Mula. Sampai di Taiwan semuanya sudah tinggal pengurusan administrasi berkat visa yang dibikin bang Mula. Thanks bg Mula !” (Deser C Wijaya, Alumni Teknik Sipil USU, Spring 2016  National Taiwan University of Science and Technology (NTUST), Klik Foto Untuk Terhubung Langsung Dengan Decer di Facebook)

Nelly TIES“Saat ini saya sedang menjalani kuliah S2 di Kaohsiung Medical University (KMU), Taiwan. Saya memulai kuliah September 2015. Pastinya sebelum melanjut ke Taiwan, kita butuh visa dan pengurusan visa Taiwan harus ke TETO yg bertempat di Jakarta. Yah karena dulu saya sebagai karyawan, saya tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus sendiri ke Jakarta. Solusinya saya memilih mengurus visa dengan bantuan bang Mula. Pengurusan visa melalui bang Mula sangat terpercaya dan sesuai dengan keinginan kita. Terpercaya dalam arti cepat, terupdate karena status pengurusannya selalu diberitahu, dan bangg Mula juga berusaha untuk menjaminkan bahwa semua urusan visa akan aman dan visa akan kita terima tepat waktu sesuai yang dijanjikan” (Nelly Pasaribu, Alumni FKM USU, Fall 2015 Kaohsiung Medical University (KMU), Klik Foto Untuk Terhubung Langsung Dengan Nelly di Facebook)

Fitri TIES ok“Pelayanan pengurusan Visa dan leges dokumen yangg dilakukan oleh Bang Mula melalui TIES sangat membantu karena kita dibimbing dari awal pengurusan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dan tetap di follow up sampai semuanya selesai. Waktu pengurusannya juga sesuai dengan deadline yang ditentukan” (Fitri Sibarani, Alumni Teknik Elektro Politeknik Caltex Riau, Fall 2016 Yuan Ze University (YZU), Klik Foto Untuk Terhubung Langsung Dengan Fitri di Facebook )

Basta NCU“Pengurusan berkas kalau sendiri pasti lebih lama dan lebih susah. Proses pengurusan visa saya melalui bang Mula cukup menolong apalagi karna dilakukan dengan cepat dan tepat waktu. Adanya kesempatan untuk menyicil berkas dan pembayaran sangat membantu saat tidak cukup uang untuk mengurus, berkas saya yang kurang malah sekalian dijemput di dekat kosan heheh. Pengurusan visa saya dilakukan dengan baik dan tepat waktu. Bahkan hasil leges TETO saya di scan dan dikirim via e-mail jadi berkurang biaya saya buat scanning.. haha Saran saya kedepannya Kalau bisa semua yang masuk ke Taiwan semester yang sama yang dibimbing bang Mula di usahakan ngumpul sama-sama berdoa  supaya saling mengenal dan kalau sudah di Taiwan bisa saling menolong dan memikirkan PPSU bersama juga. Terimakasih abangda” (Basta Simanullang, Alumni Peternakan USU, Fall 2017 National Central University (NCU), Klik Foto Untuk Terhubung Langsung Dengan Basta di Facebook)

Genesis TIES ok“Proses Pengurusan Visa yang dilakukan oleh Bang Mula Sigiro sangat bermanfaat dan membantu, terutama bagi teman-teman yang berencana untuk study lanjut ke Taiwan. Harapan saya Secara pribadi, agar kegiatan seperti ini tetap terlaksana dan mengutamakan nilai nilai sosial, dengan begitu tujuan Dan visi utama Gerakan Mewujudkan 15000 PhD di Sumatera Utara dapat dicapai” (Genesis Sembiring, Alumni Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan, Spring 2016 National Kaohsiung First University of Science and Technology (NKFUST), Klik Foto Untuk Terhubung Langsung Dengan Genesis di Facebook)

Yunita TIES“Pembuatan visa yang diberikan oleh Bang Mula sudah cukup profesional. Tidak ada kesulitan & sampai tepat waktu. Meskipun saya tinggal di Jakarta namun karena kesibukan kerja dan lain hal saya memilih mengirim semua dokumen saya ke Bang Mula di Medan untuk segala keperluan pengurusan Visa dan Leges dokumen TETO. Selama dalam proses pengurusan saya tidak sedikit pun merasa kuatir tentang keamanan semua dokumen karena Bang Mula memberi update tentang perjalanan pengurusan dokumen semuanya hingga selesai. Sistem garansi yang yang diberikan Bang Mula bila ada dokumen yang tercecer sangat membantu membuat saya lebih nyaman. Saya sangat menyarankan agar pengurusan visa dan leges dokumen teman-teman yang mau ke Taiwan diurus melalui bang Mula” (Yunita Butarbutar, Alumni Pendidikan Kimia Universitas Negeri Jakarta, Fall 2015 National Chiao Tung University (NCTU), Klik Foto Untuk Terhubung Langsung Dengan Yunitadi Facebook)

Desman TIES“Pengurusan leges dokumen dan visa oleh Pak Mula sudah dijalankan sesuai tanggungjawab. Proses bimbingan beasiswa Taiwan mulai dari mendaftar hingga lulus saya peroleh semuanya dari Pak Mula seperti menyusun studi plan, contoh-contoh rekomendasi dosen, daftar nama kampus di Taiwan, dan pengisian aplikasi online dijelaskan secara detail. Meskipun saya berdomisili di Salatiga, Jawa, proses pengurusan visa  saya lakukan di Medan melalui Pak Mula” (Desman Perdamaian Gulo, Alumni Pendidikan Fisika Universitas Kristen Satya Wacana, Fall 2016 Chung Yuan Christian University (CYCU), Klik Foto Untuk Terhubung Langsung Dengan Desman di Facebook)

Betty TIES“Proses pengurusan dokumen melalui Bang Mula dilakukan dengan profesional, petugas berani mengakui dan bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Selain itu, kita tidak perlu pergi ke beberapa tempat untuk mengurus dokumen yang dibutuhkan, karena pelayanan kebutuhan dokumen di TIES cukup lengkap. Dalam mempersiapkan pendaftaran beasiswa ke Taiwan saya juga dibimbing langsung oleh Bang Mula” (Betty Naibaho, Alumni Manajemen Universitas Sumatera Utara, Spring 2016 National Taipei University (NTPU), Klik Foto Untuk Terhubung Langsung Dengan Betty di Facebook)

Eka TIES“Secara pelayanan untuk mengurus visa dan leges TETO sudah bagus terutama kepada abangda Mula Sigiro dan staf. Ini cukup membantu kepada mereka yang membutuhkan bantuan pemberkasan dokumen beasiswa ke Taiwan. Dengan mengurus administrasi tanpa pungutan liar itu point penting yang saya dapatkan dan yang tak kalah terpenting juga transaksi tunai tidak ada atau langsung melalui bank. Hal tersebut sudah selayaknya kita tiru dan apresiasi. Maju teruss…!!!! (Eka Putra Boangmanalu , Alumni Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Medan, Fall 2016 National Taipei University of Technology (NTUT), Klik Foto Untuk Terhubung Langsung Dengan Eka di Facebook)

Sari TIES“Proses pengurusan Visa dan leges yang dilakukan oleh Bang Mula sangat membantu kami para pelajar yang ingin melanjutkan studi khususnya ke luar negeri. Tahap demi tahap terus dibimbing bahkan hal kecil sekalipun, misalnya memberi tahu alamat untuk melakukan cek kesehatan heheheheh,. Saya mendapatkan visa dengan cepat dan tepat dan hingga sampai dengan saat ini saya tidak pernah bermasalah dengan visa saya, itu karna Bang Mula melakukan yang terbaik membantu kami untuk meraih impian kami. Bang Mula sangat membantu dalam segala proses tersebut karna kami memang benar-benar buta dalam pengurusan visa. Terimakasih Bang Mula,…. Tetap semangat membimbing jiwa muda yang ingin berkarya dan bermimpi meraih angan dan cita” (Sari Muthia, Alumni Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan, Spring 2016 National Taiwan Ocean University (NTOU), Klik Foto Untuk Terhubung Langsung Dengan Sari di Facebook)

Indra TIES“Puji Tuhan, Proses pengurusan leges dokumen dan visa saya berjalan dengan lancar karena dibimbing dan dilakukan dengan baik oleh TIES . Sampai sekarang tidak ada masalah dengan visa di imigrasi Taiwan. Saran saya kedepannya, TIES juga menyediakan layanan penjualan tiket pesawat ke Taiwan. Manatau harga nya lebih terjangkau dan bisa satu paket dengan pengurusan visa” (Indra Jaya Purba, Alumni Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan, Spring 2017 Tzu Chi University (TCU), Klik Foto Untuk Terhubung Langsung Dengan Indra di Facebook)

Desy TIES“Bang Mula Sigiro selaku Direktur OIA UHN dan TIES merupakan orang yang sangat berperan penting dalam pengurusan berkas beasiswa ke Taiwan khususnya leges dokumen dan Visa untuk para pelajar Sumatera Utara, dan telah menjalankan tugasnya penuh tanggung jawab. Terbukti dalam pengurusan visa dan leges dokumen siap tepat waktu dan tak ada yang kurang apapun sebelum dan sesudah kami sampai di Taiwan. Sesudah sampai di Taiwan pun bang Mula selalu menanyakan kabar dan peduli terhadap mahasiswa bimbingannya. Sukses terus bang” (Desy Alicia, Alumni Pendidikan Bahasa Inggris Universitas HKBP Nommensen (UHN), Spring 2016 Asia University, Klik Foto Untuk Terhubung Langsung Dengan Desy di Facebook).

Mega TIES“Tahun lalu sewaktu pengurusan leges dan visa oleh Bang Mula dilakukan dengan Profesional. kita dikabarin terus perkembangannya. Sampai di sini juga gak ada masalah dengan berkasnya. Kalo hubungi abang Mula juga gampang bisa lewat media sosial juga, plus di kasih tambahan tips kalau mau ke sini. Kalo mau sharing langsung sama abang ini juga welcome banget.. terakhir bang sarankan adek-adek nya ke NCYU juga ya bang, biar rame di sini.. hehe keep the blaze aja ya bang.. Jiayou” (Mega Sidabutar, Alumni Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan, Fall 2016 National Chiayi University (NCYU), Klik Foto Untuk Terhubung Langsung Dengan Mega di Facebook)

Vanna TIES“Alasan utama saya untuk mengurus leges dokumen dan pengurusan visa adalah, Bang Mula berpengalaman untuk keadaan dan situasi Taiwan. Berhubung Visa sendiri menjadi syarat khusus buat kita yang mau bepergian ke negara-negara yang memang memerlukan izin untuk masuk ke negara mereka. Kita memerlukan dokumen-dokumen penting yang harus kita siapkan. Bang Mula dengan senang hati membimbing dan saya mendapat kepastian yang sangat terjamin dokumen penting saya kembali dengan lengkap. Saya juga tidak perlu datang langsung ke kedutaan untuk wawancara. Saya berharap semakin banyak orang yang menggunakan jasa ini” (Vanna Chrismas Silalahi, Alumni Pendidikan Fisika Universitas HKBP Nommensen, Fall 2015 National Chung Hsing University (NCHU), Klik Foto Untuk Terhubung Langsung Dengan Vanna di Facebook) 

Intan TIES“Dulu sempat khawatir dengan proses pengurusan visa dan dokumen TETO. Namun, dengan adanya bimbingan dari pak Mula, semua itu teratasi dengan baik. Tidak hanya itu, beliau juga memfasilitasi mahasiswa melalui situs web Universitas HKBP Nommensen. (Intan Ria Panjaitan, Alumni FKIP Bahasa Inggris Universitas HKBP Nommensen, Spring 2016 National Dong Hwa University (NDHU), Klik Foto Untuk Terhubung Langsung Dengan Intan di Facebook)

Rini TIES Ok“Saat saya dinyatakan lulus di Universitas National Chung Cheng Taiwan, langkah selanjutnya adalah proses pembuatan visa dan leges dokumen. Dokumen yang akan diurus seperti mentranslate ijazah, transkip nilai, dan juga hasil cek kesehatan. Semula saya khawatir tidak dapat memenuhi berkas dengan lengkap. Namun, semua pengurusan dokumen tersebut saya serahkan kepada Pak Mula Sigiro. Saya sangat berterimakasih atas pelayanan OIA UHN dan Pak Mula yang telah membimbing saya dalam proses perlengkapan dokumen. Semuanya berjalan lancar dan tepat waktu. Saya berharap OIA UHN atau pun TIES semakin memberi pelayanan yang terbaik kepada anak bangsa. (Rini Ariesta Mangunsong, Alumni Pendidikan Bahasa Inggris Universitas HKBP Nommensen, Spring 2016 National Chung Cheng University (CCU), Klik Foto Untuk Terhubung Langsung Dengan Rini di Facebook )

IJIN USAHA TAIWAN INDONESIA EDUCATION SERVICES (TIES)

Meski sudah membimbing dan menangani pengurusan Visa Taiwan sejak tahun 2012, Dr. Mula Sigiro baru mengurus Ijin Perdagangan TIES pada Juli 2016 karena semakin banyaknya putra-putri Sumut yang mempercayakan pengurusan Dokumen dan Visa Taiwan kepada beliau. Dengan demikian TIES adalah sebuah perusahaan yang resmi memiliki ijin perdagangan dari pemerintah. Bagi peserta yang memperoleh bantuan dana dari pihak universitas atau sekolah untuk pengurusan visa dan legalisir dokumen melalui TIES biasanya universitas atau sekolah tersebut akan meminta  surat ijin, BPJS, atau NPWP TIES sebagaimana terlampir, silahkan didownload sendiri dan diprint bila diperlukan.

ijin usaha dagang

tanda daftar perusahaan

ijin gangguan

BPJSNPWP TIES

Catatan: Untuk sementara TIES masih menggunakan Laman ini, karena website TIES sedang dalam penyempurnaan (www.tiesmedan.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: